Tuesday, July 17, 2012

SEJARAH SINGKAT KOMPUTER

Sejarah Singkat Komputer

   Komputer berasal dari kata to compute yang artinya menghitung. Dapat di katakan bahwa komputer adalah alat yang di pakai untuk mengolah data, komputer digunakan tidak hanya untuk mengolah data yang berhubungan dengan aritmatika saja, tapi juga digunakan untuk kepentingan yang sama sekali tidak berhubungan dengan perhitungan. Secara luas komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat mengubah data mentah sehingga dapat menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

   Seorang insinyur harvard yang bekerja di IBM berhasil membuat sebuah kalkulator elektronik dengan ukuran setengah lapangan bola. Kalkulator ini hanya dapat mengeksekusi perintah-perintah dasar matematika dan kecepatannya lambat karna dalam sekali bekerja membutuhkan waktu hingga 3-5 detik. Perkembangan komputer lain adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antar pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkomsumsi daya sebesar 160kW.

   Dari genarasi ke generasi komputer terus mengalami perkembangan, baik itu dari segi ukuran, kecepatan, kapasitas dan tentunya kwalitas. Sampai saat ini, komputer telah mengalami 5 tahapan generasi, yaitu :

 1.Generasi pertama, di mana komputer masih terdiri dari tube, vakum, dan silinder magnetik yang
    menyebabkan ukuran komputer pada masa itu sangat besar.
 2.Generasi kedua, tube dan vakum yang sebelumnya digunakan, digantikan dengan transistor.
 3.Generasi ketiga, ukuran komputer berubah (dari ukuran besar menjadi kecil) yang disebabkan karena
    komponen-komponen penyusun dipadatkan dalam satu chip atau yang biasa juga disebut IC (Integrator Circuit).
 4.Generasi keempat, komputer yang awalnya digunakan pada perusahaan besar mulai disebar luaskan
    penggunaannya pada masyarakat luas.
 5.Generasi kelima, komputer generasi ini sangat sulit didefinisikan sebab masih sangat muda.
 

1 comment: